Selamat Datang, Semoga Blog Ini Bermanfaat Dan Berguna Untuk Kalian Semua Yang Mengunjunginya, JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR :)

Jumat, 08 Februari 2013

Memberikan Makanan Sehat Pada Anak

Makanan sehat bagi anak merupakan suatu kewajiban jika anda menginginkan tumbuh kembang anak maksimal, bukan hanya urusan kesehatan, melainkan kualitas otak dipengaruhi oleh makanan sehat.

Sayangnya, kadang anak-anak sangat susah untuk mengkonsumsi makanan sehat sesuai dengan anjuran orang tua, anak-anak malah memilih membeli atau jajan makanan tidak sehat, baik berupa minuman maupun makanan ringan. Anak-anak mengutamakan rasa dan penampilan dalam memilih makanan.

Sebagai orang tua, kita diharapkan lebih kreatif dalam membangkitkan semangat anak untuk mengkonsumsi makanan sehat, memulainya lebih dini akan semakin baik karena anak akan terbiasa dengan makanan sehat. Untuk memudahkan para orangtua, berikut beberapa tips yang kiranya bermanfaat saat anda memberikan makanan sehat pada anak-anak.


Tips Memberikan Makanan Sehat pada Anak
Untuk pertumbuhan yang maksimal, anak harus diberikan menu makanan sehat

1. Berikanlah porsi yang pas
Orang tua mana yang tidak mau melihat anaknya tumbuh dengan cepat, secara umum, orang Indonesia menganggap bahwa makan banyak akan mempengaruhi pertumbuhan, padahal tidak mesti demikian. Pertumbuhan tubuh anak pada periode awal sangatlah dinamis, kadang meningkat dan kadang menurun dengan mudah.

Dalam urusan makanan, berikan porsi makanan yang tepat agar anak tidak kekenyangan atau kewalahan menghabiskan makanan, atau malah menyisakan makanan.

2. Sembunyikan Makanan yang Tidak Disukai
Anda tentu tahu, bahwa ada beberapa jenis makanan yang tdak disukai anak. Sayangnya, makanan tersebut memiliki nutrisi yang baik untuk perkembangan anak, misalnya jenis makanan sehat berupa sayuran atau lauk.

Jika Anda sudah mengetahui makanan yang tidak disukai anak, olah makanan tersebut terlebih dahulu bersama dengan makanan lain. Atau Anda juga bisa juga menata makanan itu agar tidak terlihat olehnya ketika dikonsumsi. Dengan beberapa trik 'menyembunyikan' ini anak akan tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tanpa sepengetahuannya.


4. Mudah Dikonsumsi Kapan Saja
Buatlah sayur dan buah-buahan menjadi lebih mudah untuk dimakan kapan saja oleh anak. Hal itu karena anak-anak cenderung menyukai makanan yang praktis untuk dikonsumsi. Serta kontrollah agar ia tidak terlalu sering mengonsumsi permen yang kurang baik untuk kesehatan giginya.

5. Sayur dan buah
Salah satu sumber nutrisi alami adalah sayur-sayuran dan buah-buahan, nutrisi yang terkandung sangat dibutuhkan oleh anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun. Jangan lupa untuk tetap menghadirkan sayur dan buah dalam menu makanan sehat untuk anak.

6. Kaya Akan Zat Besi
Kebanyakan anak kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Karena itu usahakan anak rutin makan buah dan sayur yang kaya zat besi misalnya saja jagung, bayam, pokcoy, kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kedelai).

7. Jika terpaksa, belilah makanan yang bernutrisi
Anda mungkin orangtua yang sibuk dengan pekerjaan di kantor, sehingga kesulitan mengontrol atau memberikan makanan sehat hasil olahan sendiri kepada anak, sehingga anda harus membeli makanan jadi.

Jangan lupa membeli sajian makanan yang bernutrisi, sebaiknya hindari makanan cepat saji.

3. Pizza yang sehat
Jika anak Anda menyukai pizza, buatlah pizza yang ia konsumsi lebih sehat dengan cara memilih topping dengan keju yang lebih sedikit, namun kaya akan sayuran.

Jika tidak, mungkin salah satu resep kami tentang Pizza tempe akan sangat bermanfaat sebagai salah satu menu makanan sehat yang baik diberikan pada anak anda. Lihat: Resep Pizza Tempe.

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat, jangan lupa utamakan makanan sehat bagi anak anda, tak perlu mahal, karena berbagai jenis makanan sehat sangat mudah didapatkan dan harganya tentu saja terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar